Wakil Rektor III Terima Audiensi Dekan FTDI Rencanakan Kerjasama Perancangan Pesawat Listrik dengan BRIN

Wakil Rektor III Terima Audiensi Dekan FTDI Rencanakan Kerjasama Perancangan Pesawat Listrik dengan BRIN

Unsurya Jakarta (29/12/23 – WR3). Wakil Rektor III Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma (Unsurya), Marsma TNI (Purn) Dr. Agus Purwo W., S.E., M.M., M.A., CIPA, menerima audiensi Dekan Fakultas Teknik Dirgantara dan Industri (FTDI), Ir. Freddy Franciscus, M.M., IPU, dalam rangka merencanakan kerjasama Perancangan Pesawat Listrik dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Audiensi dilaksanakan di ruang kerja Wakil Rektor III pada tanggal 29 Desember 2023.

Dekan FTDI didampingi oleh Tim Riset Pesawat Listrik yang terdiri dari Tri Susilo, S.T., M.T.; Agus Supriyanto, S.T., M.T.; Amat Chaeroni, S.T., M.T., Budi Aji Warsiyanto, S.T., M.T., Muhammad Hadi Widanto, S.T., M.T.; Cynthia Rachmawati, S.Si., M.Si. (Han); dan Juan Malega (mahasiswa). Audiensi dilaksanakan dalam rangka merencanakan penyusunan Perjanjian Kerjasama (PKS) antara FTDI Unsurya dan Pusat Riset Teknologi Penerbangan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) tentang Perancangan Model Pesawat Udara Latih Ringan Dua Penumpang Bertenaga Elektrik. Selain itu, kegiatan ini dilakukan dalam rangka tindak lanjut Nota Kesepahaman antara Unsurya dan BRIN tentang Pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Tri Susilo, S.T., M.T., menyatakan bahwa ”Penelitian ini salah satunya didasari oleh Peraturan Presiden (PERPRES) Nomor 55 Tahun 2019 Tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk Transportasi Jalan.” Namun, peraturan tersebut hanya mencakup pada transportasi darat saja, sehingga tidak menutup kemungkinan akan ada peraturan tentang transportasi udara yang juga berbasis baterai.

Agus Supriyanto, S.T., M.T. yang merupakan perekayasa dari BRIN menambahkan bahwa ”Dalam pelaksanaan riset pesawat listrik ini, diharapkan terjalin kolaborasi dalam bentuk konsorsium (joint research) antara Unsurya, BRIN, dan International University Liaison Indonesia (IULI).” Beliau juga menambahkan bahwa dukungan yang bisa dimanfaatkan dari BRIN adalah berupa bantuan dalam bentuk in-kind, salah satunya penggunaan alat uji.

Baca Juga  Langkah Awal Menuju Inovasi Berkelanjutan Melalui Sosialisasi Pedoman Pengkajian oleh LPKIK Unsurya

Menanggapi audiensi ini, Wakil Rektor III menyatakan dukungannya terhadap rencana kegiatan riset tersebut dengan mengupayakan agar kegiatan ini terakomodasi dengan baik. Wakil Rektor III berharap kegiatan ini dapat menghasilkan suatu produk nyata, tidak hanya publikasi jurnal, tetapi juga prototipe pesawat listrik. Dengan adanya prototipe tersebut, Unsurya dapat mempublikasikan hasil karya risetnya sehingga dapat meningkatkan exposure di tingkat nasional. (WR3-Bud).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *